6 Kebiasaan yang Merusak Kesehatan Mata

Tak ada satu pun orang yang ingin melukai kesehatan matanya sendiri, bukan? Sayangnya, tanpa disadari kita sering melakukan hal tersebut. Beberapa kebiasaan yang terlihat wajar secara perlahan mulai menggerogoti kesehatan mata.

Nah, agar kamu lebih teliti, kamu patut mengetahui beberapa kebiasaan yang berefek negatif tersebut. Melansir dari thehealthsite, berikut ini merupakan enam kebiasaan yang tanpa sadar menyakiti kesehatan mata.

1. Tidur dengan lensa kontak

Diam-diam, 6 kebiasaan ini rusak sehatnya mata

Menggunakan lensa kontak memang cukup membantu bagi kamu yang membutuhkannya, Hanya saja, kebiasaan buruk kamu yang malas untuk melepasnya sebelum beranjak tidur tak baik bagi kesehatan mata. Pasalnya, lensa kontak menghalangi oksigen, nutrisi dan pelumas yang dibutuhkan kornea mata. Hal inilah yang menyebabkan mata menjadi merah dan kering keesokan harinya.

2. Layar komputer

Diam-diam, 6 kebiasaan ini rusak sehatnya mata

Bekerja dengan komputer sepanjang hari menyebabkan mata kamu menjadi lelah dan kering. Sebagai upaya pencegahan, beri jarang pandang antara mata dan layar komputer sekitar 15-20 inci. Selain itu, akan sangat baik jika kamu memberikan mata waktu untuk beristirahat dengan melihat ke arah yang jauh (selain komputer) selama 20 detik.

3. Jangan menggosok mata

Diam-diam, 6 kebiasaan ini rusak sehatnya mata

Menggosok mata untuk menghilangkan rasa gatal memang cukup logis, hanya saja kebiasaan ini justru akan mengiritasinya. Selain itu, kamu juga bisa menularkan virus dan bakteri melalui tangan yang kamu gunakan yang berujung pada infeksi. Untuk cara aman, jika ada benda asing yang menyebabkan rasa gatal, percikan air dingin pada mata.

4. Mengabaikan kaca mata hitam (sunglasses)

Diam-diam, 6 kebiasaan ini rusak sehatnya mata

Sama halnya dengan kulit, mata juga membutuhkan perlindungan ekstra dari serangan sinar Ultraviolet (UV) matahari. Paparan sinar matahari yang berkepanjangan bagi mata berhubungan dengan degenerasi makula terkait faktor usia dan kerusakan retina.

Jadi, kamu tak boleh mengabaikan penggunaan kaca mata pelindung saat berada di bawah paparan sinar matahari (terutama di atas jam 9). Untuk perlindungan terbaik, pilihlah kacamata dengan 99 persen perlindungan UV.

5. Jarang membersihkan peralatan make-up

Diam-diam, 6 kebiasaan ini rusak sehatnya mata

Seiring dengan waktu, peralatan make-up (seperti kuas)dapat menjadi sarang bagi bakteri penyebab konjungtivis dan bahkan infeksi. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan peralatan make-up setidaknya sebulan sekali.

6. Menggunakan bulu mata palsu

Diam-diam, 6 kebiasaan ini rusak sehatnya mata

Menggunakan bulu mata palsu memang menambah poin untuk kecantikan kamu. Hanya saja, lem pada bulu mata dapat mengumpulkan puing-puing kotoran yang mengancam kesehatan mata. Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu menghindari penggunaan bulu mata palsu. Jika memang dirasa harus, maka segeralah membersihkannya ketika sampai di rumah.

Tak menyangka, bukan? Hal-hal yang biasa kamu lakukan sehari-hari tersebut diam-diam menyumbang bagi terganggunya kesehatan mata. Jadi, mulai sekarang kamu harus lebih berhati-hati, ya!